Whatever happen in my LIFE.......... GOD please help me to remember that nothing happen in this world that we can not handle TOGETHER

Monday, April 14, 2008

PeniPisan Lapisan Ozon dan Global Warming

Apa sih bedanya penipisan lapisan ozon dan pemanasan global? Seringkali pertanyaan itu muncul karena keduanya berkaitan dengan atmosfer.

Mungkin kebingungan kita juga dipicu karena ada persamaan antara penipisan lapisan ozon dan pemanasan global, yaitu pada sumber penyebabnya. Salah satu jenis gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global, yaitu CFC (Chlorofluorcarbon), juga merupakan penyebab utama penipisan lapisan ozon.

Tapi fenomena yang terjadi, dan dampaknya sangat berbeda.
Pada pemanasan global, menumpuknya emisi gas rumah kaca (termasuk CFC) bisa menyelimuti bumi (di atmosfer), sehingga membuat panas matahari yang masuk ke bumi tidak bisa dipantulkan kembali ke luar. Akibatnya, panas matahari terperangkap di permukaan bumi. Peristiwa semacam ini bisa dianalogikan dengan peristiwa saat kita berada di dalam mobil dengan kaca tertutup, di bawah terik matahari. Akibatnya panas terperangkap di dalam, tidak bebas lalu-lalang keluar masuk. Inilah yang menyebabkan bumi kita makin panas, atau sekarang lebih dikenal dengan pemanasan global.

Penipisan lapisan ozon terjadi karena atom Chlor pada CFC memecah molekul ozon (O3) di atmosfer. semakin banyak CFC di atmosfer, maka semakin banyak molekul ozon yang terpecah sehingga menyebabkan terjadinya penipisan lapisan ozon, bahkan sampai bolong.

Lapisan ozon sendiri berfungsi untuk menyerap radiasi sinar ultraviolet (UV) yang akan masuk ke bumi. Tipisnya lapisan ozon mengakibatkan radiasi sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya lebih banyak masuk ke permukaan bumi. Hal ini berdampak pada meningkatnya kasus penyakit katarak dan kanker kulit, juga merusak hasil panen.

Namun yang perlu dicatat, meningkatnya radiasi sinar UV ke dalam bumi bukanlah penyebab terjadinya pemanasan global.

Saduran tulisan demi turut membangun kesadaran dan menyebarluaskan pengetahuan mengenai isu pemanasan global penyebab perubahan iklim.

No comments: